skip to Main Content
Cara Akses Server Atau Komputer Kantor Dari Rumah

Cara Akses Server atau Komputer Kantor dari Rumah

Ada kalanya kita dihadapkan pada kondisi tidak sedang berada di kantor tetapi diharuskan mengakses komputer atau server kantor dari rumah. Alasannya ada beragam, dari mulai mengambil file yang ada di komputer kantor hingga harus mengerjakan sesuatu yang memang hanya bisa diakses di jaringan kantor.

Di tulisan ini saya akan membahasa solusi dan cara akses server atau komputer kantor dari rumah atau tempat lainnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dan saya bahas di sini, tapi yang kali ini akan saya bahas adalah cara yang memang umum digunakan dan mudah diaplikasikan bahkan oleh orang ‘Non-IT’ sekalipun.

Menggunakan Teamviewer

Ini yang umum digunakan jika komputer Anda di kantor terhubung ke internet secara langsung. Artinya bila Anda ketika berada di kantor bisa mengakses google.com atau situs luar lainnya dengan mudah, itu artinya komputer kantor Anda terhubung ke internet. Tipe komputer kantor seperti ini dapat di-akses secara jarak jauh dengan mudah dengan cara meng-install aplikasi TeamViewer yang bisa Anda download secara gratis di Teamviewer.com

Penggunaan metode ini memerlukan penginstalan aplikasi teamviewer baik di komputer kantor Anda dan di komputer Anda di rumah. Teknisnya jika Anda belum menginstallnya, Anda memerlukan bantuan orang lain yang sedang berada di kantor untuk menginstallkan aplikasi Teamviewer di komputer kantor Anda.

Seteleh di-install, Anda perlu menjalakan aplikasi tersebut di komputer kantor Anda dan membiarkan komputer Anda menyala dengan tetap terhubung ke internet dengan kondisi aplikasi Teamviewer dalam kondisi aktif.

Komputer kantor yang aktif dengan teamviewer akan memiliki kode akses dan password yang bisa Anda masukkan sebagai ‘login’ ke komputer kantor Anda untuk selanjutnya dapat Anda gunakan selayaknya Anda ada di depan komputer kantor Anda.

Bila Anda terasa bingung dengan solusi akses menggunakan teamviewer ini, ada beberapa dokumentasi yang bisa Anda pelajari di situs teamviewer.com

Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

Anda bisa menanyakan ke administrator jaringan komputer di kantor Anda apakah mereka menyediakan koneksi VPN agar Anda bisa mengakses jaringan internal di kantor Anda. Jika jawabannya ‘Ya’, maka selamat Anda memiliki keleluasaan dalam akses ke jaringan komputer internal di kantor Anda.

Dengan menggunakan akses secara VPN, komputer Anda di rumah seolah seakan berada di jaringan lokal komputer kantor Anda. Anda tidak hanya bisa mengakses komputer kantor Anda dengan remote desktop tapi juga memiliki akses ke jaringan printer atau hal lainnya yang terhubung di jaringan lokal di kantor Anda.

Untuk melakukan koneksi VPN ke kantor Anda, maka diperlukan aplikasi VPN Client yang harus di-install di komputer Anda. Berkonsultasilah dengan administrator jaringan komputer Anda mengenai aplikasi apa yang harus Anda install di komputer Anda di rumah untuk dapat terhubung ke VPN kantor.

Selain aplikasi yang di-install, Anda juga perlu meminta konfigurasi koneksi VPN yang di-setup ke komputer Anda di rumah.

Cara Akses Server Lokal via Jaringan Internet

Dengan penggunaan Virtual Private Server (VPN) Anda bisa mengakses server lokal seperti halnya Anda berada di kantor. Umumnya aplikasi kantor menggunakan alamat URL dengan IP Internal, IP Internal ini hanya bisa di-akses dari dalam kantor atau terhubung dengan jaringan kantor.

Yang diperlukan agar koneksi VPN berjalan mulus adalah kondisi bandwidth dan ping-time dari koneksi internet yang saat ini Anda gunakan di rumah. Demikian juga dengan kondisi jaringan internet di kantor Anda harus dalam kondisi prima. Bila terjadi gangguan di salah satu titik (kantor atau rumah), maka koneksi akan terganggu atau bahkan terputus.

Menggunakan SSH Tunneling

Cara ini cukup techie jadi kurang disarankan untuk pengguna umum. Tapi cukup praktis bagi kalangan personil IT. Cara ini dilakukan dengan melakukan koneksi SSH ke salah satu komputer atau server kantor yang memiliki akses ke IP publik.

Hal yang diperlukan untuk akses jenis ini adalah:

  • Alamat IP publik atau Domain dari komputer server;
  • Username dan Password untuk akses SSH (tidak mutlak harus root);
  • SSH Client

Tentunya kalau kita bicara mengenai SSH, komputer yang akan kita akses adalah komputer yang menggunakan atau berbasis Linux atau Komputer dengan OS lain yang memiliki servis SSH.

Terkait tunneling menggunakan SSH ini, Insya Allah bila ada keluangan waktu akan saya bahas di tulisan tersendiri agar lebih leluasa menjelaskannya.

Kesimpulan

Hal yang umum diperlukan untuk mengakses komputer kantor atau komputer server di kantor Anda adalah koneksi internet yang baik di kedua titik, baik koneksi internet di kantor Anda atau koneksi internet di rumah Anda. Jika salah satu koneksi kurang memenuhi syarat atau bermasalah di bandwidth atau ping-time maka siap-siap koneksi Anda bisa tergantung atau terputus di tengah jalan atau bahkan tidak bisa terhubung sama sekali.

Pada prakteknya, Anda perlu meminta bantuan atau setidaknya bertanya kepada personil IT di kantor Anda mengenai kemungkinan-kemungkinan yang bisa ditempuh agar Anda bisa melakukan koneksi ke server atau komputer di kantor Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top