skip to Main Content
Apa Perbedaan Website Dengan Blog

Apa Perbedaan Website dengan Blog

Ada sebuah pertanyaan di kalangan netizen yang menanyakan apa sih sebenarnya perbedaan dari website dengan blog? Pertanyaan ini juga secara umum ditanyakan pada saat ujian atau tes yang dilakukan pada mata pelajaran teknik informatika dasar.

Di tulisan ini saya akan kupas perbedaan mendasar dari apa yang dinamakan blog dan website dari berbagai aspek. Berikut ini adalah aspek apa saja yang menjadi pembeda antara blog dengan website:

  • Definisi Bahasa
  • Teknologi
  • Desain / Tampilan
  • Fungsi

Pengertian Blog dan Website dari Segi Bahasa

Bila dilihat dari artinya ke dalam bahasa Indonesia, website diartikan sebagai situs web yang dalam KBBI artinya adalah:

web /wéb/ n sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet; jejaring; jaringan

Sedangkan arti dari blog secara bahasa adalah:

a personal website or web page on which an individual records opinions, links to other sites, etc. on a regular basis.

yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, definisi blog artinya:

Situs web pribadi atau halaman web di mana seseorang merekam pendapat, tautan ke situs lain, dll. secara teratur.

Jika kita telaah secara bahasa dapat diambil pengertian bahwa sebernarnya blog adalah bagian dari rumpun website. Jadi tidak salah juga bila ada yang menyebutkan bahwa blog adalah sebuah website.

Yang membedakan secara spesifik adalah dari definisi blog yang lebih mengarah kepada sebuah situs web pribadi atau situs web yang dimiliki dan dikelola oleh perseorangan dan merupakan representasi dari pemikiran seorang individu.

Tapi definisi ini mungkin akan menjadi bias bila kita melihat kenyataan bahwa beberapa situs korporat juga menyatakan dirinya memiliki sebuah blog. Hanya saja bila kita teliti bahasa yang digunakan umumnya lebih ‘tidak kaku’ dibandingkan dari bahasa yang ada di halaman utama company profile mereka.

Perbedaan Teknologi

Dari segi teknologi perbedaan website dan blog akan tampak lebih bias lagi karena di dalamnya memiliki teknologi yang hampir sama atau setidaknya sejenis, yaitu sama-sama dibangun dari sebuah web server.

Perbedaan mencolok mungkin bisa kita lihat dari spesifikasi server yang digunakan. Jika kita melirik situs website portal berita seperti halnya detik.com tentunya akan berbeda dengan spesifikasi blog seperti halnya yang digunakan oleh lukmanfajar.com

Tapi ini pun bukan hanya karena perbedaan dari blog atau websitenya, tapi karena lebih karena jumlah trafik yang diterima. Di mana tentunya trafik kunjungan yang diterima oleh detik.com jauh lebih besar dari trafik yang diterima oleh lukmanfajar.com yang membutuhkan dengan aturan bahwa website dengan trafik yang tinggi memiliki teknologi yang rumit dibanding dengan website dengan trafik yang rendah.

Bila dilihat dari jenis script website yang digunakan, secara umum blog dibangun menggunakan platform seperti halnya WordPress, sedangkan website portal berita dan sejenisnya atau website ecommerce menggunakan script yang dibuat secara custom oleh pengembang websitenya.

Perbedaan Blog dan Website Berdasarkan Tampilannya

Berdasarkan tampilan ada beberapa poin yang bisa dengan mudah Anda lihat bila Anda sudah terbiasa melihat tampilan-tampilan website dan blog pribadi.

Umumnya blog pribadi memiliki apa yang dinamakan sidebar, yaitu bagian di tepi kanan atau kiri tulisan utama yang merupakan sisi navigasi ke halaman lainnya dalam blog pribadi tersebut. Di bagian sidebar inilah kita bisa melihat hal-hal seperti halnya:

  • Nama penulis blog;
  • Kategori Tulisan;
  • Posting terakhir;
  • Tags;
  • Iklan; dan lain sebagainya.

Beberapa website portal berita ada juga yang memiliki format seperti ini tapi untuk portal website media mainstream sudah lama meninggalkan tampilan seperti ini. Terlebih lagi jika kita melihat website profil perusahaan atau portofolio perusahaan, umumnya tidak memiliki sidebar. Navigasi yang digunakan ada di bagian atas dan bawah halaman website.

Perbedaan Fungsi

Dari segi fungsi, secara umum dapat dibedakan bahwa fungsi dari blog adalah spesifik untuk memberikan informasi-informasi terkait pribadi atau kegiatan dari pemilik blog tersebut. Lain halnya dengan website yang umumnya lebih menceritakan hal yang tidak personal.

Blog adalah secara spesifik menceritakan kehidupan pribadi, keahlian, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan penulis blog. Memiliki aturan yang lebih longgar dan tidak memerlukan kaidah penulisan yang baku. Semua ini kembali kepada style dan skill dari penulis blog.

Bila kita membahas apa perbedaan antara detik com dengan web blogger, seperti halnya website portal berita, sebuah portal berita akan terus terupdate setiap saatnya jika ada informasi-informasi atau berita terbaru. Lain halnya dengan blog yang frekuensi update-nya sangat tergantung dari keluangan waktu dari pribadi penulisnya.

Tidak ada tuntutan dari publik jika sebuah blog harus di-update dalam kurun waktu tertentu seperti halnya pada situs portal berita.

Lain lagi jika kita membandingkannya dengan situs website profil perusahaan yang cenderung sifatnya statis dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan memang fungsi dari website profil perusahaan yang menceritakan mengenai internal perusahaan yang layak untuk diketahui publik. Maka sepanjang tidak terdapat perubahan dari informasi tersebut, maka frekuensi perubahan atau penambahan konten lebih jarang terjadi.

Contoh Blog dan Website

Lukmanfajar.com adalah salah satu contoh website yang mendeklarasikan dirinya sebagai sebuah blog. Contoh lainnya yang populer yang dikelola oleh perorangan seperti halnya blog priyadi.net, cosaaranda.com, vatih.com.

Contoh website bisa kita sebutkan berdasarkan hal berikut:

  • Website Portal berita: detik.com, rmol.co, vivanews.com, tempo.co
  • Website Forum: kaskus.com, ads.id
  • Website Sosial Media: facebook.com, twitter.com, instagram.com, linkedin.com
  • Website E-Commerce: Tokopedia.com, Bukalapak.com, Shopee.com

Kesimpulan

Dari apa yang sudah dikemukan, maka Anda sudah dapat menerima gambaran dengan dapat menyebutkan perbedaan website dengan web blog. Anda dapat menyebutkan perbedaan-perbedaan ini dari sisi definisi, teknologi, desain, dan fungsinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top